Senin, 31 Desember 2012

Cara Berjualan yang Sukses


Cara berjualan banyak sekali telah di paparkan oleh para ahlinya. Kebanyakan dari para penulis atau pemapar tersebut telah melupakan satu hal penting. Satu hal penting dan tak boleh terlupakan adalah faktor “Tuhan”. Kenapa saya bilang demikian??. Kadang halnya para penulis atau pemapar yang lain mengemukakan pendapatnya itu dengan melupakan faktor “Tuhan”. Tetapi sesungguhnya faktor Tuhan adalah kunci pada penjualan menuju kesuksesan.  

          Berikut adalah cara berjualan yang sukses dari beberapa penulis lain diantaranya:

1.    Menurut Rajapresentasi.com
a.    Kualitas Produk
b.   Pelayanan yang baik
c.    Promosi
2.    Menurut Joko Susilo
a.    Membangun Kepercayaan
b.   Buat Kesan Pertama
c.    Promosi

Menurut saya, cara yang sudah di paparkan oleh Joko Susilo dan Rajapresentasi.com tidaklah salah dan sangat tepat. Tetapi menurut saya berdasarkan apa yang sudah saya alami adalah:
1.    Kualitas Produk
Dalam hal berdagang atau berjualan, kualitas produk adalah hal utama. hal ini dikarenakan bahwa konsumen atau pembeli cendrung melihat kualitasnya terlebih dahulu sebelum membelinya. Dalam hal ini perhatikan dengan betul bagaimana kualitas produk sendiri dan kualitas produk pesaing… Usahakan bahwa produk yang di jual memiliki ciri khas atau produk unggulan.

2.    Harga
Selain kualitas berikutnya adalah harga. Cara kita bisa memanage harga juga sangat menentukan dalam kesuksesan penjualan yang dilakukan. Dalam hal ini uga perhatikan harga produk sendiri dengan harga produk pesaing. Usahakan bahwa harga produk yang kita jual di bawah dari harga produk pesaing tapi jangan sampai rugi loh ya. Pepatah lama mengatakan untung sedikit tetapi lancar. Menurut saya hal ini masih berlaku khususnya untuk barang – barang yang mudah rusak. Tetapi menurut saya setiap barang juga mengalami penyusutan kan??.  Sedikit tips dari saya mengenai harga adalah harga barang haruslah sesuai dengan kualitas produk yang kita tawarkan.

3.    Promosi
Promosi adalah hal yang sangat penting dalam hal penjualan. Karena bagi penjual, promosi adalah cara bagi konsumen mengenal produk apa yang ia jual. Promosi memang membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Sehingga menurut teori daur hidup produk dimana pada tahap awal dimana promosi sangat gencar, biaya membengkak dan kerugian pasti ada.  Tetapi saat ini banyak sekali cara promosi yang tidak memakan biaya seperti melalui Online. Saat ini cara online dianggap cara yang cukup ampuh dan efektif, cukup hanya mengupload foto produk dan cantumkan harga dan deskripsi tentang produknya, maka promosi selesai dilakukan.  Saat ini cukup banyak situs yang dibuka khusus untuk penjualan melalui Online yaitu seperti tokobagus.com dan berniaga.com. selain itu kita juga bisa melakukan promosi dengan Online ini melalui situs jaringan sosial seperti blog, FB, Twitter, Skype dll.  Jadi cara kita memanage kegiatan promosi yang terbaik dan efektif  juga menentukan cara keberhasilan dalam penjualan

4.    Hal – hal lain
Selain ketiga hal diatas jangan lupakan hal – hal kecil tetapi juga berpengaruh dalam kesuksesan kita dalam berdagang atau berjualan seperti Membangun Kepercayaan Konsumen, Pelayanan Purnajual, Kesan Pertama dsb.

5.    Tuhan
Selanjutnya yang terakhir adalah Tuhan. Terkadang para penulis lain melupakan faktor Tuhan dalam tulisan yang mereka buat sebagai salah satu faktor kesuksesan dalam penjualan mereka. Tetapi sesungguhnya Tuhan adalah kunci menuju pada kesuksesan penjualan.

Selain beberapa hal diatas kita perlu ingat bahwa jangan pernah menyerah apabila belum laku dan belum berhasil, artinya bahwa kesabaran sangat di perlukan dalam berjualan atau berdagang. hal berarti bahwa ketika kita sudah melakukan promosi dsb, tetapi belum berhasil, janganlah menyerah dan menggerutu. Ketika hal itu terjadi maka yang harus kita lakukan adalah berdoa dan mnyerahkan kepada Tuhan, biarkan Tuhan dengan kuasa – Nya melakukan bagian dari pekerjaan – Nya. Kemudian yang kita lakukan adalah membuat suatu ide baru dalam hal promosi yang digunakan. Kemudian jika semua cara tersebut sudah di lakukan tetapi belum berhasil juga, janganlah menyerah, tetap berdoa dan percaya bahwa Ia membuat segala sesuatu indah pada waktu – Nya atau saat  - Nya. Gbu…


Ref:
2.     http://rajapresentasi.com/2012/03/strategi-penjualan-dan-teknik-penjualan-yang-efektif/