Sabtu, 16 Maret 2013

Jokowi Janji Gempur Habis Bangunan di Sisi Sungai Pakin



Penulis : Indra Akuntono | Kamis, 14 Maret 2013 | 14:16 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji tak akan tebang pilih saat melakukan normalisasi Sungai Pakin, Pluit, Jakarta Utara. Dengan tegas dia mengatakan, seluruh bangunan yang berada tepat di sisi Sungai Pakin akan dibongkar habis sebagai bagian dari normalisasi sungai tersebut.
Nanti dibongkar semua, gempur habis. Biar masyarakat tahu, enggak cuma bangunan yang kecil-kecil, yang besar-besar juga
-- Joko Widodo
Dijumpai saat meninjau Sungai Pakin, Jokowi menyampaikan bahwa di sisi sepanjang Sungai Pakin masih terdapat banyak bangunan. Tak hanya rumah-rumah warga, tetapi juga ruko dan showroom-showroom kendaraan.
"Nanti dibongkar semua, gempur habis. Biar masyarakat tahu, enggak cuma (bangunan) yang kecil-kecil, yang besar-besar juga," kata Jokowi, di sisi Sungai Pakin, Pluit, Jakarta Utara, Kamis (14/3/2013).
Mantan Wali Kota Surakarta itu menjelaskan, sikap tegasnya ini diambil bukan hanya untuk mengoptimalkan upaya normalisasi sungai tetapi juga untuk menunjukan rasa adil untuk ratusan warga yang rumahnya telah dibongkar lebih dulu.
"Senin lah kita lihat lagi, masih banyak rumah-rumah gede. Nanti kita lihat, kita bongkar semua," ujarnya.
Sebagai informasi, pengerukan Sungai Pakin dijadikan Jokowi sebagai percontohan program normalisasi sungai. Selain kedalaman dan lebar sungai yang ditambah, sisi-sisi sungai juga akan dijadikan jalan alternatif dan dihijaukan.

Pembenaran kalimatnya:

Pernyataan yang Salah:
1.    Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji tak akan tebang pilih saat melakukan normalisasi Sungai Pakin, Pluit, Jakarta Utara.
2.    Dengan tegas dia mengatakan, seluruh bangunan yang berada tepat  di sisi Sungai Pakin akan dibongkar habis sebagai bagian dari normalisasi sungai tersebut.
3.    Jokowi menyampaikan bahwa di sisi sepanjang Sungai Pakin masih terdapat banyak bangunan.
4.    Tak hanya rumah-rumah warga, tetapi juga ruko dan showroom-showroom kendaraan
5.    Nanti dibongkar semua, gempur habis. Biar masyarakat tahu, enggak cuma (bangunan) yang kecil-kecil, yang besar-besar juga,
6.    Sikap tegasnya ini diambil bukan hanya untuk mengoptimalkan upaya normalisasi sungai tetapi juga untuk menunjukan rasa adil untuk ratusan warga yang rumahnya telah dibongkar lebih dulu.
7.    Senin lah kita lihat lagi, masih banyak rumah-rumah gede. Nanti kita lihat, kita bongkar semua," ujarnya.
8.    Sebagai informasi, pengerukan Sungai Pakin dijadikan Jokowi sebagai percontohan program normalisasi sungai
9.    Selain kedalaman dan lebar sungai yang ditambah, sisi-sisi sungai juga akan dijadikan jalan alternatif dan dihijaukan.

Pernyataan yang Benar:
1.    Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berjanji tidak tebang pilih saat melakukan normalisasi Sungai Pakin, Pluit, Jakarta Utara.
2.    Secara tegas dia mengatakan, seluruh bangunan yang berada di sisi Sungai Pakin akan dibongkar sebagai bagian dari normalisasi sungai.
3.    Jokowi menyampaikan bahwa di sisi Sungai Pakin masih terdapat banyak bangunan.
4.    Bukan hanya rumah-rumah warga, tetapi juga ruko dan showroom-showroom kendaraan
5.    Nanti dibongkar semua, gempur habis. Biar masyarakat tahu, enggak cuma (bangunan) yang kecil-kecil, yang besar-besar juga,
6.    Sikap tegasnya diambil bukan hanya untuk mengoptimalkan upaya normalisasi sungai tetapi  untuk menunjukan rasa adil untuk ratusan warga yang rumahnya telah dibongkar lebih dulu.
7.    Senin lah kita tinjau  lagi, masih terdapat  rumah-rumah besar. Nanti kita tinjau, kita bongkar seluruhnya  ujarnya.
8.    Untuk  informasi, pengerukan Sungai Pakin dijadikan Jokowi sebagai percontohan program normalisasi sungai
9.    Selain kedalaman dan lebar sungai yang bertambah, sisi-sisi sungai akan dijadikan jalan alternatif dan penghijauan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar